Nasional

7 Merek Fried Chicken Lokal yang Tak Kalah Enak dengan Asing

Jakarta – Menu ayam goreng tepung (fried chicken) identik disajikan oleh restoran cepat saji yang merupakan waralaba dari luar negeri. Namun sebenarnya, di Indonesia ada berbagai merek fried chicken lokal yang tak kalah enak.
Di tengah seruan boikot produk luar negeri yang konon terafiliasi dengan Israel, beberapa orang memilih untuk meninggalkan produk itu. Dalam industri kuliner pun, sejumlah nama restoran besar disebut, termasuk restoran cepat saji waralaba internasional.

Mereka umumnya menjual fried chicken atau ayam goreng tepung sebagai menu andalan. Sebenarnya menu itu juga bisa dibeli dari merek-merek fried chicken lokal yang tersebar di berbagai daerah.

Rasa fried chicken lokal tak kalah enak dan harganya juga jauh lebih terjangkau. Mengutip berbagai sumber, inilah 7 merek fried chicken lokal yang patut dicoba:

1. Jatinangor House
Berasal dari Bandung, Jatinangor House kini sudah berekspansi ke Jakarta hingga Jogja. Racikan fried chicken mereka terkenal enak dengan kulit renyah dan daging juicy.

Pilihan ayamnya ada Ayam Krispy Original dan Ayam Spicy. Semuanya bisa dibeli satuan atau paket dengan nasi, telur orak-arik, dan kailan goreng yang merupakan ciri khas Jatinangor House. Di aplikasi ojek online, harga paket fried chicken mulai dari Rp 30 ribu.

2. Olive Fried Chicken
Jika Bandung punya Jatinangor House, maka Jogja punya Olive Fried Chicken yang terkenal di kalangan warga lokal. Mengutip Mojok Co (13/7/2022), Olive Fried Chicken didirikan tahun 2011 oleh Kun Sastrawijaya.

Fried chicken ini terkenal enak dan murah sehingga banyak digandrungi mahasiswa. Beberapa menyebut cita rasa Olive Fried Chicken mirip KFC. Kini harga per paket nasi ayam dan minuman di sini mulai dari Rp 15 ribuan, seperti dilihat dari aplikasi ojek online.

3. Dkriuk Fried Chicken
Dkriuk adalah merek fried chicken lokal yang populer di banyak daerah. Biasanya hanya dijajakan di booth kecil, tapi peminatnya banyak. Ciri khas fried chicken di sini adalah kulitnya garing dan renyah, menimbulkan sensasi ‘kriuk’ saat digigit.

Harga per potong fried chicken mulai dari Rp 8 ribu. Selain yang original, ada pilihan rasa pedas, dengan sambal geprek, saus black pepper, hingga saus level pedas dan keju. Menu lain yang juga digandrungi adalah kulit ayam goreng dan kentang goreng.

4. Labbaik Chicken
Pasar fried chicken lokal juga diramaikan oleh Labbaik Chicken yang mengusung konsep fried chicken oven pertama di Indonesia. Labbaik Chicken populer di Bandung dan bisa juga ditemukan di Cilegon, Garut, hingga Serang.

ilihat dari aplikasi ojek online, harga per potong fried chicken di sini sekitar Rp 16 ribuan. Namanya Crispjon yang tersedia dalam potongan sayap, paha bawah, hingga potongan besar. Selain yang original, ada juga yang diberi sambal geprek, saus BBQ, hingga saus Bakar.

5. d’bestO
Membicarakan fried chicken lokal tak bisa meninggalkan d’bestO yang punya banyak cabang di penjuru Indonesia. Usaha fried chicken ini kabarnya dirintis dokter hewan pada tahun 1994 yang berkembang pesat sampai sekarang.

Menu fried chicken dijual mulai dari Rp 14 ribu per potong di aplikasi ojek online. Selain yang original, ada yang versi dibalut saus pedas hingga lada hitam.

6. Wingz o Wingz
Wingz o Wingz merupakan merek fried chicken lokal yang populer di Bandung. Andalannya, fried chicken dengan belasan pilihan saus menggugah selera seperti pepper cheese, honey lemon, dan spicy mayo.

Lalu ada juga menu paket yang bisa disandingkan dengan sumber karbohidrat seperti nasi putih, kentang goreng biasa, atau potato wedges. Harganya di aplikasi ojek online sekitar Rp 39 ribu sudah dengan minum.

7. Hisana
Satu lagi fried chicken lokal yang punya banyak penggemar dan cabang di penjuru daerah Indonesia, Hisana. Bisnis ini kabarnya dirintis sejak 2005 oleh Tatang Suharta.

Menu andalannya fried chicken berbagai potongan dengan harga mulai dari Rp 13.500 di aplikasi ojek online. Selain itu, Hisana punya menu ayam geprek dan ayam jumbo. Juga sambal kemasan yang terdiri dari sambal geprek, sambal terasi, dan sambal bawang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button