MetroNews

Versi Indikator Lembaga Survey Suara Rakyat Indonesia Terhadap Calon Pilwalkot Kota Massar 2024

JEJAKNEWS.ID, Makassar, – Lembaga survei Suara Rakyat Indonesia atau SRI mengeluarkan survei jelang perhelatan Pilkada 2024. survei tersebut menggambarkan elektabilitas para calon wali kota di daerah berjuluk Anging Mammiri ini.

Berdasarkan simulasi pasangan popularitas dan akseptabilitas kandidat calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, jika Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham berhadapan dengan Indira Yusuf Ismail-Ilham Fauzi Uskara.

Maka, pasangan Appi-Aliyah mendapat nilai 36,2 persen. Sedangkan Indira-Ilham memperoleh 25,8 persen.

Jika tanpa Appi-Aliyah, maka Seto Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi berhadapan dengan Indira-Ilham, hasilnya pasangan Seto-Rezki mendapat nilai 36,2 persen. Sedangkan Indira-Ilham 32,4 persen.

kemudian, jika Appi-Amri Arsyid berpasangan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Makassar hanya mendapatkan nilai 32,8 persen. Sedangkan Indira-Ilham Ari Fauzi mendapat nilai 33,4 persen.

“Inilah hasil survei kami berdasarkan simulasi pasangan popularitas dan akseptabilitas bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar,”ujar Juru Bicara Lembaga Survei SRI, Subhan dalam pemaparannya di Hotel Hyaat Place Makassar pada, Kamis, 9 Agustus 2024.

Tidak hanya simulasi pasangan berdasarkan popularitas dan akseptabilitas survei ini memotret untuk tingkat elektabilitas.

Pasangan Appi-Aliyah meraih 33,40 persen dibandingkan dengan pasangan Indira-Ilham Ari Fauzi 32,80 persen. Sesuatu yang dapat dikatakan berimbang atau beda tipis berkisar 0,40 hingga 1,0 persen.

Menurutnya, itu terjadi karena Ilham Ari Fauzi mewakili generasi milenial. Sedangkan pasangan Andi Seto Asapa-Rezki Mulfiati memperoleh 25,80 persen.

Tetapi, jika Appi-Aliyah gagal maju, maka pasangan Andi Seto-Rezki meraih elektabilitas 36,20 persen. Sementara pasangan Indira-Ilham Ari Fauzi 32,40 persen. Dan pasangan Amri Arsyid-Adi Rasyid Ali 20,60 persen.

“Elektabilitas Seto-Rezky lebih tinggi dengan alasan penguatan partai yang gagal mengajukan calonnya pada pilwalkot Makassar condong ke ASA,”bebernya.

Sementara, bila Aliyah tidak maju, dan disandingkan berpasangan dengan Appi-Amri Arsyid, pasangan ini memperoleh 32,80 persen.

Kalah tipis, dari pasangan Indira-Ilham meraih 33,40 persen. Adapun Seto-Rezky meraih 25,80 persen.

Sedangkan bila terjadi empat pasangan calon, yang terjadi adalah Appi-Aliyah tetap unggul tipis yakni 34,28 persen dari Indira-Ilham Ari Fauzi 31,05 persen.

Lalu Seto-Rezky 16,79 persen dan Amri Arsyid-Adi Rasyid Ali hanya memperoleh 9,47 persen. Sedangkan yang tidak tahu sekitar 8,41 persen.

“Yang menentukan hasil akhir adalah starategi para kandidat,”katanya

Diketahui, survei ini dilakukan dari 2-8 Agustus 2024. Dengan jumlah responden sebanyak 400 yang tersebar di 15 kecamatan.

Pengambilan sampling melalui data telepon dan wawancara secara langsung. Adapun margin of error 2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button