Tiga Kandidat Siap Rebut Ketua DPD Di Musdalub Partai Hanura Maluku

  • Bagikan
Hengky R. Pelata dan Klemens J. Ohoiledwarin (Ketua dan Sekretaris Panitia MUSDALUB DPD Partai HANURA Provinsi Maluku.)

AMBON, JEJAKNEWS.ID,- Musyawarah Daerah Luar Biasa (MUSDALUB) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) Provinsi Maluku akan digelar besok di Marina Hotel, 5-6 Novemebr 2021.

Terdapat tiga nama yang siap menjadi Ketua DPD Partai HANURA Provinsi Maluku. Ketiga nama tersebut adalah Ahmad Ohorella, Rhony Sapulette, dan H. Mus Mualim.

“Saat tahapan verifikasi berkas ada 5 calon, namun usulan nama ke DPP itu hanya 3 nama diantaranya Ahmad Ohorella, Rhony Sapulette, dan H. Mus Mualim” ungkap Ketua Panitia Pelaksana MUSDALUB, Hengky R. Pelata saat konferensi pers bersama wartawan di Marina Hotel, Kamis, (4/10/2021).

Ketiga nama itu diusulkan ke DPP dikarenakan terdapat salah satu syarat PO 01 Partai HANURA Pasal 18 yang menegaskan bahwa syarat khusus untuk mencalonkan diri sebagai calon Ketua DPD Partai HANURA Provinsi Maluku baik kader partai atau non kader wajib mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai HANURA.

Rekomendasi DPP itu juga akan dibacakan saat MUSDALUB. Berkaitan dengan siapa yang direkomendasikan DPP sebagai Calon Ketua DPD Partai HANURA Provinsi Maluku itu adalah kewenangan DPP.

“Apakah ketiganya mendapat rekomendasi, atau hanya dua atau juga hanya satu, itu tergantung DPP” ujar Pelata

Selain syarat mendapat rekomendasi dari DPP Hanura, terdapat juga syarat bagi bakal calon minimal mendapat 30% dukungan DPC HANURA se-Kabupaten/Kota.

Didalam PO Partai HANURA menegaskan bahwa dukungan DPC kepada bakal calon itu harus disampaiakan secara tertulis oleh DPC dan diserahkan dalam sidang pleno musda dan atau dalam pandangan umum DPC.

“Berkaitan dengan syarat rekomendasi yang dilahirkan DPC kepada bakal calon yang diberikan kepada panitia harus melampirkan surat undangan rapat, daftar hadir rapat, dan berita acara keputusan rapat. Sementara terkait dengan mekanisme dalam partai HANURA saya kira ada hal-hal penting yang besok akan dilaksanakan melalui mekanisme organisasi didalam proses-proses persidangan” ungkap Pelata

Konferensi Pers Ketua dan Sekretaris Panitia MUSDALUB DPD Partai Hanura Provinsi Maluku

Selaku ketua panitia, Pelata berharap MUSDALUB dapat terlaksana dengan baik dan sukses sehingga dapat melahirkan Ketua DPD Partai HANURA Provinsi Maluku yang baru. Siapapun yang akan menjadi Ketua DPD juga harus berkomitmen untuk membesarkan Partai HANURA di Maluku.

“Saya percaya sungguh bahwa mereka yang mencalonkan diri mempunyai satu visi yaitu membesarkan partai. Dan sebagai ketua panitia saya mendorong itu” kata Pelata.

Lanjut Pelata, Panitia telah menyurati DPC-DPC guna memberitahukan bahwa MUSDALUB ini dilakukan tetap dengan menggunakan protocol kesehatan.

“Jadi peserta yang datang itu harus menunjukan kartu vaksin dan rapid antigen” ungkanya.

Pelata juga tambahkan, yang hadir mewakili DPC dalam rangka MUSDALUB ini adalah Ketua Sekretaris dan Bendahara. Karena didalam ketentuan pasal 13 PO Partai Hanura point “d” menegaskan bahwa peserta Musda selain Dewan Penasehat, DPP dan DPD terdapat juga DPC yang diwakili oleh Ketua, Sekretaris dan Bendahara (KSB).

“Kami juga sudah memberikan ketegasan melalui surat kepada DPC bahwa peserta yang hadir itu ketika diantara KSB ada yang tidak atau berhalangan hadir maka harus memberitahukan melalui surat alasan ketidak hadiran dari yang bersangkutan untuk dijadikan sebagai dasar. Kita menjaga kemungkinan agar tidak terjadi persoalan diinternal DPC” tegas Pelata

Untuk diketahui, MUSDALUB ini dihadiri oleh semua DPC Partai Hanura yang ada di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku, DPD dan DPP Partai Hanura.

Musdalub ini juga akan disiarkan secara virtual melalui zoom aplikasi sehingga bisa juga disaksikan oleh DPP dan DPC yang tidak bisa hadir secara langsung, sehingga DPP juga bisa mengetahui dinamika Partai Hanura yang terjadi di Maluku. (L-01)

  • Bagikan