Gandeng BSN Sulsel, Pemprov Maluku Gelar Sosialisasi Manajemen Anti Penyuapan

  • Bagikan
Foto: Gubernur Maluku, Murad Ismail bersama Plh Sekda dan jajaran OPD-OPD terkait dalam sesi foto bersama.

JEJAKNEWS ID,- Menindaklanjuti MoU antara Pemprov Maluku dan BSN (Badan Standarisasi Nasional) pada tanggal 10 September 2021 lalu, BSN melalui Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Sulawesi Selatan melaksanakan Sosialisasi SNI ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dan SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan secara virtual, pada Senin (27/9/2021).

Gubernur Maluku dalam sambutannya, yang disampaikan Ketua TGPP Provinsi Maluku Hadi Basalamah menyampaikan Nota Kesepahaman antara Pemprov Maluku dan BSN tersebut dilandasi oleh komitmen dan konsistensi dari Pemprov Maluku untuk menatakelola Pemerintahan guna mewujudkan Good Governance.

Dikatakannya, Provinsi Maluku saat ini sementara berupaya secara optimal untuk melakukan reformasi birokrasi menuju tata kelola pemerintahan yang baik. Reformasi yang dimaksud menyangkut sektor layanan informasi publik. Selain itu, peningkatan daya saing produk juga perlu diimbangi dengan peningkatan tata Kelola pemerintahan yang baik.

“Jadi, terkait standarisasi, tidak hanya daya saing komoditi produk, tapi layanan informasi publik juga merupakan target atau sasaran pertama sesuai dengan visi misi Gubernur juga 7 Program Prioritas dan 9 Program unggulan, termasuk pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat.” ujarnya.

Hadi menyampaikan Pemerintah perlu mendorong inovasi dalam berbagai pelayanan publik yang tersentralisasi agar berjalan secara efisien, efektif, akuntabel dan transparan.

“Ini yang menjadi fokus kita, yaitu untuk melakukan suatu reformasi birokrasi dalam tatanan yang ada saat ini, menuju pelayanan publik berstandar nasional,” lanjutnya.

Hadi menambahkan struktur ekonomi yang ada di provinsi Maluku adalah sumber daya perikanan. Selain itu, Proyek strategis Lumbung Ikan Nasional dan Ambon New Port dapat menjadi kesempatan besar untuk mengakselerasi potensi ekonomi di Provinsi Maluku.

“Jika hal ini berjalan dengan baik, maka akan memberikan dampak yang sangat strategis untuk mengakselerasi seluruh tata kelola pemerintahan baik itu berkaitan dengan layanan publik juga peningkatan daya saing dari komoditi kita,” harapnya.

Sosialisasi ini dibuka oleh Heru Suseno Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penerapan Kesesuaian BSN, yang sekaligus memberikan pemaparan terkait Awareness SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO 37001:2016 bagi OPD Pemerintah Provinsi Maluku.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, pimpinan OPD terkait di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

  • Bagikan