Widya : Anak Memang Titipan Tuhan, Tapi Sebagai Orang Tua Kita Harus Mengatur Jarak Kehamilan

  • Bagikan

JEJAKNEWS.ID,- Anak memang titipan dari Tuhan, tapi kita selaku orang tua bisa mengatur jarak antara  anak pertama dan anak kedua, masi terlalu muda kamu 21 tahun tetapi anaknya sudah empat .

Hal ini disampaikan, Bunda Widya Prartiwi Murad, kepada salah satu Ibu ketika mengunjungi Posyandu Desa Tunguwatu, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Senin, (20/9/2021).

Tepatnya, tujuh ibu – ibu yang ada di kelas ibu hamil (ruangan khusus yang di sediakan posyandu) dan di review Widya yang juga merupakan duta stunting Provinsi Maluku, saat melihat kondisi mereka yang masih terbilang muda, rata-rata usia mereka  21 – 24  tetapi memiliki banyak anak.

Ina Latu Maluku, memberikan penjelasan
kepada salah seorang ibu, yang memiliki empat anak di usia dua puluh satu tahun:

Widya : selama hamil ini apa saja selalu di beri sebagai asupan Gizi?

Ibu :  ya makan buah-buahan

Widya : harus seperti itu, yang penting anak harus di berikan  protein tinggi seperti telur, ikan dan daging

“Jadi kalau boleh sebelum hamil, harus punya program, lebih baik satu didik dengan baik, pada saat hamil juga harus rajin mengkonsumsi makanan empat sehat dan lima sempurna,”

Lanjut widya, saat di dalam perut sebagai orang tua harus mempersiapkan anak yang kita lahirkan, tidak mesti hamil lalu makanan sembarangan.

“Karena kenapa? Kalau saat hamil kita tidak mengkonsumsi makanan yang sehat anak kita akan terlahir, kurang berat badan bisa terkena stunting,”Imbuhnya.

Saya tau, Ibu – Ibu semua pasti pingin punya anak yang pintar, sehat kalau mau punya anak pintar dan sehat dari dalam perut ibu – ibu harus sudah makan -makanan yang sehat, mulai sekarang harus bisa mengkonsumsi makanan sehat.

Widya juga, mengingatkan ibu – ibu , agar selalu memberikan  ASI kepada anak- anak hingga 2 tahun.

“Kenapa harus minum ASI, karena ASI selain karunia dari Tuhan itu luar biasa bermanfaat membuat anak cerdas, memiliki daya tahan tubuh kuat dengan air ASI itu,” Terangnya.

Ungkap Widya Lebih lanjut, selama enam bulan harus eksklusif  tanpa ada campuran. Tapi jangan lupa mamanya juga harus mengkonsumsi makanan sehat.

Widya juga menanyakan kepada salah satu Ibu, sebut saja namanya Nia,  tentang jumlah anak dari ibu itu.

Sontak jawaban Nia, membuat ketua TP- PKK Provinsi Maluku ini kaget, ternyata di usia 21 tahun Nia  memiliki anak 4 dan menuju 5, karena saat datang ke posyandu, Nia dalam kondisi hamil.

Widya pun mengingatkan, kepada suster dan petugas Posyandu agar nanti nya kedepan bapak-bapak yang ada di Desa Tunguwatu diberikan sosialisasi untuk  membantu para ibu menjaga Jarak kehamilan.

Dikutip dari halaman Kompas.com, Rentang waktu Kehamilan yang tepat akan memberi waktu pada rahim untuk menyiapkan diri menjadi tempat tinggal bayi, dan memenuhi semua kebutuhan gizi dengan maksimal. Jarak yang aman juga akan membuat orangtua lebih siap, baik mental dan materi, untuk memiliki anak lagi.

Penentuan jarak kehamilan antara 18 sampai 48 bulan juga mempertimbangkan faktor pertumbuhan penghasilan ayah, mental anak sebelumnya untuk memiliki adik baru, sampai sisi psikologis ibu dan kesiapannya untuk kembali mengandung.

  • Bagikan