Sudah Dua Tahun, apa Prestasi Gubernur Maluku, Murad Ismail

  • Bagikan
Foto: Gubernur Maluku, Murad Ismail.

JEJAKNEWS.ID,- Pada 13 September 2021, Pemerintahan Provinsi Maluku di bawah kepemimpinan Murad Ismail sebagai Gubernur Maluku tepat berusia dua tahun, tentu menarik banyak tanggapan dari berbagai kalangan, salah satunya datang dari Akademisi Univerisitas Pattimura Ambon, Dr Jusuf Madubun, M.Si saat diwawancarai media ini diruang kerjanya Senin (13/09/21).

“Terkait dengan kepemimpinan Bapak Murad Ismail sebagai Gubernur Maluku dalam dua tahun ini, saya melihat ada beberapa prestasi yang sudah beliau capai dalam beberapa pembangunan di Maluku walaupun saya tidak menyangkal bahwa pasti juga ada hal – hal yang belum kita capai dalam kepemimpinan beliau.” Jelas Madubun.

Ungkapnya lanjut, tapi sebagai manusia biasa, tentu beliau memiliki kekurangan tapi juga ada kelebihan dan saya melihat yang pertama bahwa keberhasilan kepemimpinan beliau itu, ada pada diri beliau sebagai figure pemimpin yang mempunyai kekuatan lobby.

“Mesti selaku Masyarakat Maluku harus bersyukur bahwa selama ini kan kita selalu berjuang sesuatu ke pusat itu kan jarang sekali kita bisa memperoleh hasil yang maksimal dan saya melihat ketika beliau menjadi Gubernur Maluku dengan kekuatan lobbynya Pemerintah Pusat kemudian sudah bisa menerima untuk Maluku ditetapkan sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).”Terangnya.

Foto: Akademisi Unpatti, Dr. Jusuf Madubun, M.si

Menurutnya,  walaupun ada suara-suara yang pada akhirnya tidak suka dengan LIN, ini merupakan sebuah proyek strategis nasional yang patut kita syukuri dan kita sambut, karena pasti akan ada efek yang diberikan dari sisi ekonomi masyarakat, itu menurut saya pasti.

Selain itu, sebuah proyek nasional, terkait Lumbung Ikan Nasional tentu akan memberi dampak positif bagi masyarakat.

“Sebuah proyek strategis nasional seperti itu tentu akan memberikan dampak-dampak pertumbuhan ekonomi bagi beberapa bagian kehidupan ekonomi masyarakat,” Katanya.

Keberhasilan Proyek Ambon New Port :

Wadubun menjelaskan, proyek Ambon New Port merupakan bagian dari proses pembangunan lumbung ikan nasional.

“saya kira ini merupakan sebuah keberhasilan yang di capai oleh beliau,” bebernya.

Dalam masa Pandemi, tingkat kemiskinan Maluku berkurang :

Selain itu, meski dalam masa pandemi, di tahun 2021 angka kemiskinan di Maluku sedikit menurun walaupun hanya 0,14%, untuk itu Wadubun berharap  pihak masyarakat dapat mensyukuri keberhasilan Murad Ismail selaku Gubernur Maluku dalam menurunkan angka kemiskinan di Maluku.

“Karena disaat orang begitu banyak di PHK, sulit mencari pekerjaan, masyarakat juga kadang terbelenggu dengan aturan-aturan terkait pembatasan kegiatan masyarakat karena covid, saya kira itu merupakan  sebuah hal yang positif dan patut juga kita apresiasi walaupun hanya 0,14 %.” Jelasnya lebih lanjut.

Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Murad Ismail selaku Gubernur Maluku mendapatkan beberapa prestasi :

Madubun menerangkan, apresiasi lain yang diberikan kepada lembaga -lembaga yang lain, seperti misalnya apresiasi yang di berikan Pak Kapolri terkait dengan salah satu  provinsi penyelenggara PPKM  terbaik di Indonesia.

Kemudian, beliau juga mendapatkan penghargaan dari Lembaga kebudayaan Indonesia berupa penghargaan kebudayaan.

“Saya Kira itu merupakan bagian dari penilaian saya kepada beliau,”paparnya.

Selain itu, apresiasi Madubun juga diberikan kepada Widya Pratiwi Murad selaku Istri dari orang Nomor satu di Maluku, menurtnya sangat menunjang Pak Murad Ismail sebagai Gubernur Maluku.

“sebagai duta stunting saya kira beliau sudah banyak bekerja untuk itu, beliau kemana – mana untuk memerangi stunting di Maluku.”

Saya yakin , satu upaya itu tidak harus instan dan terus selesai , kita membutuhkan upaya dan kerja keras yang terus menerus dan tentu membutuhkan waktu dan juga membutuhkan sinergitas dari semua komponen masyarakat, karena itu menurut saya mari kita bersama mendukung.” Tegasnya.

Ia juga meminta, masyarakat agar dapat mendukung setiap kerja-kerja  yang dilakukan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail.

“Mengkritik boleh tapi juga kita harus mendukung beliau sehingga kerja – kerja beliau kedepan dalam sisa waktu kepemimpinan beliau ini bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat dan berharga bagi masyarakat Maluku dan bagi Indonesia.” Tandasnya

Pewarta: Patrick Papilaya

  • Bagikan