Fritz Siregar Ajak Kader GMKI Ambon Terlibat Aktif Awasi Pilkada 2024

  • Bagikan
Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD Kordiv Hukum, Humas dan Datin Bawaslu RI Saat Diolog Publik di SC GMKI AMbon, Sabtu (28/08)

AMBON,JEJAKNEWS.ID,- Fritz Edward Siregar, SH, LL.M PhD Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Hubugan Masyarakat (Humas) dan Data Informasi (Datin) Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), mengajak kader Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ambon untuk terlibat aktif dalam Pilkada 2024.

“Saya mengajak kawan-kawan sekalian dalam melihat Pemilu 2024, bukan saja terlibat sebagai penyelenggara tetapi juga bagaimana mengajak masyarakat untuk terlibat dalam Pilkada” Ajak Fritz dalam agenda dialog publik dengan tema “ Pemuda Demokrasi dan Pemilu 2024” saat berkunjung di Gedung Student Center (SC) GMKI Ambon, Sabtu (28/8/2021)

Komisioner Bawaslu RI itu menyampaikan, partisipasi masyarakat menjadi komponen utama dalam proses perubahan yang sementara terjadi, tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat maka sebuah proses perubahan apapun dalam demokrasi yang coba untuk diterapkan diyakini tidak dapat berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan menyikapi proses Pilkada ditahun 2024 yang akan dilaksanakan masih dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, ditambah dengan jumlah penyelenggara Pemilu serta arpart negara yang jumlahnya terbilang sedikit bila dibandingkan dengan jumlah pemilih dalam Pilkada tersebut.

“Ya, ada penyelenggara, ada aparat negara, tetapi komponen masyarakat itu merupakan sebuah faktor kesuksesan atau ketidaksuksesan sebuah proses” ungkapnya saat dialog publik itu

Sehingga untuk mendukung sebuah proses perubahan yang lebih baik maka dibutuhkan peran pemuda. Karena kata Fritz, pemuda mempunyai peran yang sangat signifikan dalam penyelenggaraan Pilkada, dimana pemuda merupakan agen of change dan agen of control dalam mengawal tegaknya demokrasi bangsa, entah sebagai penyelenggara Pemilu, menjadi angggota partai politik, melakukan kritikan kepada pemerintah pasca sebuah proses pemilihan, atau terdapat pemuda yang tetap mengkritik proses penyelenggaraan Pemilu untuk dapat menjadi lebih baik lagi kedepan.

“Semua ini adalah tugas daripada pemuda yang bisa kita lakukan, karena sejatinya sebuah perjuangan tidak akan dapat dilakukan secara sendirian” tandas Fritz

Dalam mengawal proses politik di Maluku khususnya di Kota Ambon dapat berjalan dengan baik, Fritz meminta kepada civitas GMKI untuk terus bersinergi dengan Bawaslu Provinsi Maluku dan Bawaslu Kota Ambon. Hal tersebut dimaksudkan agar pemuda dan masyarakat tidak apatis terhadap proses-proses berdemokrasi dalam menyikapi kontestasi Pilkada yang akan berlangsung di tahun 2024 nanti.

Fritz juga mengatakan, akan bersilahturahmi dengan organisasi kepemudaan di daerah lain dalam kunjungan-kunjungannya kedepannya.

Sementara Ketua Cabang GMKI Ambon, Jhosias Tiven ditempat yang sama menyampaikan terima kasih kepada Komisioner Bawaslu RI, Bung Fritz Siregar atas kehadirannya dalam Diskusi Publik GMKI Cabang Ambon itu.

“Ini adalah momen penting bagi kader-kader GMKI Ambon, dalam menyikapi persoalan Demokrasi yang akan berlangsung di Tahun 2024” ungkapnya

Bagi Tiven, GMKI memiliki peranan penting dalam menentukan perjalanan Demokrasi di Indonesia, sebagai gerakan pemikir yang adalah bagian integral dari masyarakat, GMKI juga mesti menjalankan fungsi control demi menciptakan Demokrasi yang jujur, adil, dan bersih di Indonesia.

Untuk diketahui Kegiatan Diskusi Publik tersebut dihadiri juga oleh Bawaslu Provinsi Maluku, Bawaslu Kota Ambon, Kordinator Wilayah XI PP GMKI, dan Sefung Kerohanian PP GMKI. (J-01)

  • Bagikan